RESUME SEMINAR DATA SCIENCE DAY 10 NOVEMBER 2016

Seminar Data Science Day

Seminar ini dilaksanakan pada tanggal Sepuluh November 2016 bertempat pada Aula Gd. Manterawu (Dekanat) Telkom University. Acara ini diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi Bisnis. Acara ini adalah Main Event dari rangkaian acara yang dilaksanakan sebelumnya yaitu Workshop yang dilaksanakan sehari sebelumnya. Pada acara ini dihadirkan tiga pembicara yaitu Beno Kunto (CEO dari Solusi 247), Yose Rizal (CEO dari Mediawave), dan Digital landscape Indonesia. Acara ini juga dihadiri oleh jajaran petinggi Telkom University.

Pada Era Big Data ini banyak terdapat data namun minim yang mengolahnya menjadi informasi sehingga data-data tersebut menjadi tidak berguna. Oleh karena itu data analytics menjadi hal yang penting. Pembicara pertama mengemukakan bahwa Pada dasarnya Big Data memiliki 3 masalah yaitu : volumenya yang besar, tipe data yang berbeda, dan kecepatan data (data real time).
Dahulu data masih file base, namun saat ini sudah instan (real-time). Saat ini informasi sebagai bahan bakar. Berbagai device terhubung dalam satu jaringan (Internet of Things).  Untuk mengolah data yang sangat besar masih sangat sulit dan masih bergantung pada perusahaan luar itupun dengan harga lisensi yang mahal. Oleh karena itu Indonesia harus menjadi bangsa yg mandiri dalam hal penguasaan data dan teknologinya, untuk kemajuan dan kesejahteraan bangsa Indonesia.

Pembicara kedua Yose Rizal (CEO dari Mediawave) membahas fokus pada pembahasan big data pada social media dan proses analisisnya. Social media mempermudah dalam data mining, hal ini didukung oleh tingkat keaktifan orang Indonesia dalam menggunakan social media. Data yang ditunjukkan tidaklah selalu sebagai angka. Pemanfaatan pengolahaan data dari social media untuk keperluan bisnis adalah langkah yang bijak untuk menganalisis bisnis (pasar).

Pembicara Terakhir dari Digital landscape Indonesia membicarakan tentang kebiasaan orang Indonesia menggunakan gadget untuk internet dalam kehidupan sehari-harinya. Didapat data yaitu : ada 93 juta pengguna mobile dan Memeriksa smartphone 150x sehari. Pengguna mengandalkan Google untuk mencari informasi apapun. 71% menggunakan search engine untuk kehidupan sehari hari. Terdapat 60 miliyar pencarian data apapun/tahun, 40000 pencarian/detik, 5 milyar/bulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *